Tuesday, March 24, 2015

Pola Makan Saat Kecil Berpengaruh Pada Jantung Saat Dewasa

JEGEG-BEAUTY, Selain penting untuk mulai dikenalkan pada anak sedini mungkin, pola makan yang sehat juga berguna untuk melindungi jantungnya kelak. Studi mengungkapkan bila sejak kecil seseorang terbiasa makan dengan pola tak sehat, kebiasaan tersebut akan memengaruhi jantungnya kelak saat dewasa.

Dipublikasikan dalam jurnal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes, studi ini mengungkapkan bahwa kesehatan jantung yang optimal pada anak-anak saat lahir, dapat menurun seiring dengan perilaku gaya hidupnya yang tidak sehat.

"Semakin baik orang tua melengkapi anak-anaknya dengan kebiasaan untuk memilih makanan sehat, maka kesehatan jantungnya akan tetap sehat kelak di masa dewasanya. Kesehatan jantung sendiri sangat penting bagi orang dewasa," ungkap peneliti dari Northwestern University, Donald M. Lloyd-Jones, seperti dikutip dari Health Me Up.

Temuan menunjukkan bahwa anak-anak biasanya sejak awal memiliki kesehatan jantung dan tekanan darah yang optimal. Namun Lloyd-Jones menambahkan bahwa jika anak-anak tersebut memiliki pola makan yang buruk, maka akan memperburuk juga indeks massa tubuh (IMT) dan kadar kolesterolnya.

Dalam membuktikan teori ini, para peneliti menganalisis IMT, diet sehat, kadar kolesterol dan tekanan darah pada 8.961 orang anak usia 2-11 tahun yang berpartisipasi dalam National Health and Nutrition Surveys (NHANES) selama tahun 2003-2010.

Sehubungan dengan diet, kurang dari 10 persen anak-anak mengonsumsi jumlah buah, sayuran, ikan, dan biji-bijian yang disarankan setiap hari. Sekitar 90 persen anak-anak makan lebih banyak natrium dan 50 persen mengonsumsi lebih banyak kalori dari minuman manis. Bagian terburuknya, 40 persen anak-anak memiliki kadar kolesterol tingkat moderat dan 30 persen dari anak-anak tersebut mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

0 comments:

Post a Comment