Monday, April 20, 2015

Membiasakan Anak Duduk Tegak Agar Postur Tubuhnya Tidak Bungkuk

JEGEG-BEAUTY, Postur tubuh yang bungkuk berkaitan erat dengan kebiasaan sehari-hari atau memang kondisi bawaan. Meski demikian, postur tubuh bungkuk bisa dicegah salah satunya dengan kebiasaan duduk tegak yang dapat dilakukan sejak kecil.

"Sejak kecil, anak harus dibiasakan untuk duduk tegak guna mencegah postur membungkuk. Kemudian, berikan meja yang tingginya tidak terlalu jauh dari mata ketika si anak mengerjakan sesuatu,"

Selain itu, diperlukan pula latihan fisik untuk memperkuat otot-otot punggung. Tujuannya, agar postur tubuh bisa tetap dipertahankan tegap. Latihan fisik untuk memperkuat otot punggung salah satunya bisa dilakukan dengan olahraga renang.

Kemudian, bisa juga disebabkan faktot struktural, di mana ada kelainan dasar pada tulang belakang. Kelainan ini juga bisa timbul saat lahir atau pada sebagian kasus karena faktor keturunan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menghindari kebiasaan tubuh membungkuk?

"Usahakan ketika duduk bersandar tegak di sandaran kursi, jangan bertopang ke meja. Sesekali, bersandarlah di dinding, usahakan seluruh bagian belakang menyentuh dinding, dari tumit, bokong, punggung, sampai kepala," terang dr Andri.

Nah, bagi pria, salah satu aktivitas yang mengharuskan tubuh membungkuk yakni ketika mengendarai motor sport. Untuk menghindari postur tubuh jadi bungkuk, dr Andri menyarankan para pengendara motor sport sebaiknya beristirahat ketika punggung terasa pegal atau nyeri. Kemudian, disarankan pula melakukan latihan yang dapat memperkuat otot-otot punggung.

0 comments:

Post a Comment