Sunday, March 22, 2015

Hati-hati Asam Lambung Naik, Kalau Minum Jus Buah Bangun Tidur

JEGEG-BEAUTY, Ketimbang sarapan gorengan yang penuh lemak jenuh, beberapa orang memilih sarapan dengan jus buah. Tapi hati-hati, jangan langsung minum jus buah saat baru bangun tidur, karena saat itu perut sedang kosong. Sebab hal itu bisa menyebabkan asam lambung naik.

"Semua yang ber-PH rendah termasuk jus bisa memicu atau mentriger asam lambung naik ke tenggorokan jadi sebaiknya sih perut sudah diisi, semua yang ber-PH rendah bukan hanya itu (jus) saja ya, bisa juga kopi yang berkafein," ungkap Profesor Made Astawan, PhD, Kepala Divisi Biokimia Makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hal itu disampaikan dia dalam kunjungannya bersama ASRIM ke kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Selasa (3/2/2015).

Dalam kesempatan yang sama, dr Etra Ariadno SpPD dari RSAL Dr Mintoharjo, menyebut asam lambung naik karena tingkat keasaaman yang tinggi dari asupan yang masuk. Sebenarnya lambung memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Ini digunakan untuk mencerna makanan yang masuk. Bahkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh pun bisa mati saat terkena asam di lambung. Namun ini tergantung kondisi tubuh seseorang, jika imunitas rendah maka bakteri yang masuk bisa menyebabkan penyakit.

"Asam yang berlebihan akan merusak lambung karena pengeluaran asam lambung itu sudah diatur setiap 8 jam. Kalau lambung tidak diisi, otomatis lambung akan mengasam," ujar dr Etra.

0 comments:

Post a Comment