Sunday, March 22, 2015

Jeruk Mandarin Juga Cegah Penyakit

JEGEG-BEAUTY, Menyambut Tahun Baru Imlek, banyak orang meyakini bahwa jeruk dapat membawa keberuntungan. Namun tak hanya itu, selain rasanya yang enak dan manis, jeruk juga terbukti memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Salah satunya ialah jenis jeruk Mandarin. Bagi Anda penyuka buah jeruk ini, beruntunglah karena Anda dapat terhindar dari beragam penyakit hanya dengan makan jeruk atau meminum jus jeruk.

Seperti dikutip dari Health Today dan ditulis pada Senin (9/2/2015), jeruk Mandarin terbukti dapat menurunkan risiko kanker. Sebuah studi di Jepang mengungkapkan bahwa pasien yang meminum jus jeruk setiap hari menunjukkan tidak adanya tanda-tanda dari kanker liver.

Selain itu ada komponen lain di dalam jeruk Mandarin, yakni hesperidin dan tangeritin yang mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara, prostat dan kanker darah. Hebatnya lagi jeruk Mandarin ini dikatakan dapat mengurangi risiko terhadap penyakit jantung.

Namun meskipun demikian, Jansen menuturkan bahwa lantas bukan berarti konsumsi jus buah dianggap buruk. "Tetap ada tempat untuk jus buah. Ada orang yang malas ngunyah, tidak suka sayur atau buah, jus solusinya. Meskipun seratnya dihilangkan dan tinggal gula, kembali dia tetap gula buah. Setidaknya lebih baik daripada jus buah kemasan," imbuhnya.

Agar jus buah tetap memiliki manfaat layaknya buah potong segar, pengolahannya harus diperhatikan dan tidak sembarangan. Salah satunya adalah dengan tidak menambahkan terlalu banyak pemanis, termasuk gula pasir. Biarkan jus buah memiliki rasa manis alami dari buah itu sendiri.

Menurut dosen jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II, Rita Ramayulis, DCN, MKes, saat mengolah jus sebaiknya jangan menambahkan pemanis seperti gula pasir, apalagi yang jumlahnya berlebihan. Tambahan bahan ini dapat mengurangi kandungan nutrisi sehat di dalam buah segar itu sendiri.

"Jus sebaiknya tidak menambahkan gula, untuk manisnya bisa dicampur dari sari jeruk manis atau dikomdinasi dengan buah lain yang memberi rasa manis seperti sari melon," papar Rita.

0 comments:

Post a Comment